* Blog Warga Desa Sarijaya kec.Majalaya Kab. Karawang *
Biarpun hidup di desa, tetapi kita harus berusaha siap menghadapi masa depan

Minggu, 24 Desember 2017

Kesenian Dan Budaya Di Desa Sarijaya

kesenian jaipong

Di Desa Sarijaya sendiri memiliki Grup kesenian asli karawang Yaitu Kesenian Tari Jaipong dan Topeng Bancet  Kedua kesenian ini merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia hingga manca negara.

Tari Jaipong ini merupakan penggabungan beberapa seni tradisional seperti pencak silat, wayang golek, ketuk tilu dan lain - lain. Tarian ini sering di tampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu besar, festival budaya dan Hajatan

Menurut sejarahnya, Tari Jaipong ini merupakan tarian yang di ciptakan oleh seniman sunda putra karawang yang bernama H. Suanda.

Tarian ini mulai di populerkan pada tahun 1976 melalui media kaset dengan nama “Suanda Grup”. Pada saat itu masih menggunakan instrument sederhana sebagai pengiringnya seperti gendang, ketuk, kecrek, goong, rebab dan sinden.

Melalui media kaset rekaman tersebut ternyata mendapat respon yang baik dari masyarakat Karawang sehingga tarian ini menjadi sarana hiburan bagi masyarakat sekitarnya dan kini Kesenian Tari Jaipong populer hingga manca negara.

Di Desa Sarijaya sendiri memiliki grup kesenian asli karawang " Rosita Grup dan Topeng Banjet Bokir Grup "  Kedua Grup kesenian ini bersama sama memperjuangkan kelestarian seni asal Karawang sebab menurut Pemimpin Grup Topeng Bancej ini Pak Bokir, Kesenian jaipong dan topeng banjet seperti tidak mendapatkan apresiasi yang layak dari pemerintah Karawang dan hampir punah.

Kesenian Topeng Banjet

Seharusnya Tiap Grup Kesenian yang ada di tiap peloksok kota karawang  perlu mendapatkan perhatian dan dukungan pemerintah untuk pelestariannya Jangan sampai anak cucu kita tidak mengetahui Budaya dan kesenian Asal Kotanya Sendiri.

Hal Itu bisa di lihat dari ketiadaan sanggar tari dan sanggar tata gending di kota karawang, selain Kesenian jaipong di desa sarijaya juga terjadapat Grup "Topeng Banjet Bokir Grup"