* Blog Warga Desa Sarijaya kec.Majalaya Kab. Karawang *
Biarpun hidup di desa, tetapi kita harus berusaha siap menghadapi masa depan

Kamis, 23 Agustus 2012

sekolah PAUD desa sarijaya

Kita semua tahu kalau yang namanya sekolah buat anak kecil (Play Group) tuh sangat mahal, nah kemarin penulis menjumpai sebuah Sekolah untuk anak-anak yang belum masuk usia sekolah, namanya sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Tujuan didirikan PAUD ini adalah untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarnya.
untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa

Tujuan sekolah PAUD:
Untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Kegiatan pembelajaran di PAUD ini antara lain :

Belajar melalui bermain, yaitu dengan cara menggunakan strategi, metode, materi / bahan dan media yang menarik agar mudah diikuti dan di serap oleh anak anak.
Melalui bermain, anak di ajak untuk bereksplorasi, dan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitarnya.
Lingkungan yang kondusif harus diciptakan sedemikian menarik dan menyenangkan dengan memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak dalam bermain di sekolah PAUD.

Guru di sekolah PAUD juga mesti kreatif dan inovatif yang dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menarik sehingga membangkitkan rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berpikir kritis dan menemukan hal-hal yang baru.

Yang tidak memberatkan sama sekali, hanya dengan uang sejumlah uang Rp. 1000/hari, itupun tidak untuk gaji para guru/pendidik, melainkan untuk penambahan alat-alat penunjang pendidikan di PAUD, yang pusat kegiatannya berada di lingkungan “MASJID JAMI BAI'TUR ROHMAN” tepatnya di Kp.wanajaya Rt 02 Desa sarijaya - KARAWANG. PAUD ini dikelola oleh Ibu-Ibu PKK yang dengan tulusnya mendidik anak-anak kecil yang lucu-lucu meskipun tanpa gaji.

Sedikit informasi mengenai sekolah PAUD ini yaitu: hari sekolahnya Senin,Selasa,rabu dan jumaat jam 8-10 pagi jumlah muridnya ada sekitar 60 anak (banyak banget tapi yang hadir mungkin hanya sekitar setengahnya karena anak kecil kan suka moody kadang masuk kadang malas sekolah)

gurunya ada 2 orang dan mereka dipanggil Umi Aah dan Umi Nunung
ada 1 ruang kelas dengan meja berkaki pendek (muridnya duduk di lantai) dan ada teras rumah yang cukup luas untuk area bermain.
Lebih tepatnya di rumah pak Ust Ahmad Sutoyo,letaknya di depan mesjid " jami baitu rohman" Desa sarijaya - karawang. Dimana depan rumahnya pak ustad adalah tanah pekarangan yang jarang dilalui kendaraan, suasananya cukup sejuk karena banyak pohon selama waktu belajar selain didampingi guru juga didampingi ibu masing-masing.
koleksi permainannya cukup lengkap ada permainan edukatif, ayunan, dll uang pendaftaran sekolah Rp 25,000 (termasuk buku tabungan) uang seragam Rp 180,000 untuk 3 stel seragam (seragam motif kotak, baju olahraga dan baju muslim).