* Blog Warga Desa Sarijaya kec.Majalaya Kab. Karawang *
Biarpun hidup di desa, tetapi kita harus berusaha siap menghadapi masa depan

Senin, 09 September 2013

Kebutuhan pemukiman di Karawang cukup tinggi

Pertumbuhan penduduk di karawang hampir setiap tahun meningkat, faktor utamanya adalah perpindahan penduduk dari  kota kota lainnya ke karawang (migrasi).selama tahun 2012 warga pendatang yang tercatat di kantor Disdukcapil Karawang mencapai 19.051 orang

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karawang, Eka Sanatha,  kabupaten karawang, dalam satu tahun jumlah penduduk Karawang meningkat mencapai 3,8%. Bertambahnya jumlah penduduk tersebut bukan karena faktor kelahiran bayi

Selama bulan Juli 2013 tercatat 859 orang, warga pendatang. Sedangkan warga Karawang yang pindah ke kota lain hanya terdata 381 orang.

Akibat tingginya laju pertumbuhan penduduk tersebut, Bupati Karawang Ade Swara berusaha mengubah pola kawasan industri yang sudah berkembang di karawang.
Menurut Bupati Karawang Ade Swara, selama ini pengelola kawasan industri hanya menyediakan lahan untuk pembangunan pabrik-pabrik, sedangkan lahan untuk pembangunan pemukiman tidak disediakan.
Ke depan, bupati akan meminta para pengelola kawasan industri termasuk pengelola pabrik-pabrik untuk menyediakan areal pemukiman bagi karyawan dan karyawatinya.

Hal tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah daerah setempat dalam mengatasi dampak dari tingginya laju pertumbuhan penduduk akibat migrasi.
Ia mengatakan tingginya laju pertumbuhan penduduk akibat migrasi itu akan berdampak terhadap kebutuhan tempat tinggal.

Sumber : http://www.beritasatu.com/nusantara/132447-bupati-karawang-minta-pengelola-industri-sediakan-pemukiman.html