* Blog Warga Desa Sarijaya kec.Majalaya Kab. Karawang *
Biarpun hidup di desa, tetapi kita harus berusaha siap menghadapi masa depan

Rabu, 26 Februari 2014

Juara Lomba Calistung SDN SARIJAYA 1 Kec.Majalaya Kab.Karawang

CALISTUNG adalah singkatan dari membaca, menulis, dan berhitung. Calistung merupakan tahapan dasar orang bisa mengenal huruf dan angka. Banyak pakar menganggap penting calistung untuk mempermudah komunikasi dalam bentuk bahasa tulis dan angka. Umumnya belajar calistung ini banyak disampaikan di pendidikan formal, yaitu sekolah Dasar.

Juara II Lomba Calistung SDN SARIJAYA 1 Kec.Majalaya Kab.Karawang 



Profil Peserta :  
Nama    : Via Yuli Agustiani
Kelas    : II 
Alamat  : Dusun I Wanajaya Rt.05/02 Desa Sarijaya 
                Kec.Majalaya Kab.Karawang
             


Mengajar menulis lebih susah kerena membutuhkan begitu banyak kemampuan yang harus di kuasai oleh anak, antara lain koordinasi mata, tangan, bagaimana cara anak memegang pinsil, memperkirakan bentuk tulisan dsb.

Tapi jangan putus asa, ini ada kiat praktis,yang di berikan pada orang tua Via yuli Agustiani Ujarnya "tidak bisa langsung diajar menulis abjad, berikan latihan mewarnai, mencontoh bentuk sederhana misalnya :
Garis lurus/miring, silang, kotak, segi empat, bulat dsb, titik-titik rapat, jarang-jarang sampai anak bisa meniru bentuk tersebut tanpa bantuaan orang lain. selanjutnya si anak disuruh meniru dalam kotak-kotak besar, makin kecil sampai ke garis di buku tulis"
Cara mengajar menulis abjad juga tahapannya sama, jangan lupa perhatikan cara memegang pensil harus betul, berikan pensil yang lunak dulu 2B/3B/4B, kalau ada pensilnya bentuk segitiga.

Itu merupakan penerapan belajar oleh Ibu Rita kepada anak kandungnya.