* Blog Warga Desa Sarijaya kec.Majalaya Kab. Karawang *
Biarpun hidup di desa, tetapi kita harus berusaha siap menghadapi masa depan

Selasa, 12 Januari 2016

Batik Karawang

Mengulas batik setiap orang indonesia pasti sudah mengetahui batik itu seperti apa ??? pasti kalian penasarankan yuk mari kita ulas bersam-sama mengenai batik yang ada di daerah karawang yaitu batik Karawang dulunya dikenal dengan nama Batik Tarawang (Batik Tarum karawang) Batik karawang pertama kali di buat pada 1928 Batik Tarawang (Batik Tarum karawang) ini dibuat oleh keluarga Tan Tjeng Kwat etnis Tionghoa yang bertempat tinggal di Rengas dengklok - karawang.

Batik Tarawang (Batik Tarum karawang) dulunya digunakan untuk kain alas meja peribadatan yang biasa digunakan oleh penganut agama Budha yang disebut Tok Wi.

Batik ini sudah diikutsertakan dalam Pameran Batik Jawa di Amsterdam Dan di koleksi oleh seorang insinyur dari negeri Kincir Angin (BELANDA).

Perkembangan motif Batik karawang mengalami banyak perubahan dari masa ke masa dengan banyak dimodifikasi sedemikian rupa disesuaikan dengan design perkembangan masa kini yang berkaitan dengan keadaan sosial budaya daerah Karawang.





Motif Batik Karawang mengandung Artian simbolis filosofis berupa:
  • Garis segi tiga disebut tumpal tumpal mengandung arti ketuhanan yang maha esa. 
  • Bunga Tarum (bunga vidas) bunga simbolik untuk agama Hindu Budha yang dibuat oleh pembatik
  • Bulir padi dan lumbung padi sebagai lambang kemakmuran daerah Karawang.
  • Garis gelombang laut sebagai lambang daerah pantai memiliki laut.
Motif  Batik Tarawang (Batik Tarum karawang) mencapai 30 motif tapi yang favorit hanya 4 motif yaitu :
  • Motif panen raya 
  • Motif citarum 
  • Motif cigentis dan 
  • Motif pare sagedeng. 
Berbagai motif yang sangat identik dengan maskot Kota Karawang sehingga dengan motif-motif ini batik khas Karawang berbeda dengan batik di daerah lainnya yang tersebar di indonesia. Adapun pengertian batik lainnya Batik Motif Pare Sagedeng pare dalam Bahasa Indonesia artinya padi sedangkan sagedeng artinya satu ikat ukuran. Hingga Motif batik tersebut menunjukkan ciri khas Karawang sebagai Kota Lumbung Padi terbesar di Indonesia. Seperti lainnya batik motif Cigentisan nama ini diambil dan terinspirasi dari keindahan Curug Cigentis salah satu air terjun yang ada di karawang.